Skip to main content
Skip to footer
Persediaan Barang Dagang
Materi
- Pelaksanaan stock opname:
- Pelaksanaan stock opname dilakukan dalam periode mingguan yaitu setiap Hari Minggu setelah toko ditutup.
- Barang dikeluarkan dari rak dan dihitung secara manual kemudian petugas mencatat jumlah stok fisik dan menyesuaikan dengan data di sistem. Jika terdapat barang yang tidak terdaftar, rusak atau hilang, petugas membuatkan catatan khusus.
- Apabila ditemukan selisih antara stok fisik dan data di sistem (termasuk barang rusak atau hilang), petugas membuat laporan selisih.
- Petugas membuat laporan stock opname kemudian laporan diserahkan ke Kepala Mart untuk ditindaklanjuti.
- Pelaksanaan restock
- Pembelian kembali barang dagang dilakukan setiap hari Senin.
Berdasarkan laporan stock opname dan analisis penjualan, petugas dapat mengajukan dana ke Kepala Mart sejumlah yang dibutuhkan.
- Petugas melaksanakan proses pembelanjaan barang dagang.
- Kemudian, petugas memeriksa kelengkapan dan kondisi barang yang sudah diterima dari supplier atau distributor.
- Petugas melakukan penyesuaian data yang ada di sistem maupun catatan manual berdasarkan barang yang diterima.
- Petugas menyusun barang sesuai dengan kategori.
Pihak Terkait
Terminologi:
- Stock opname merupakan kegiatan menghitung jumlah barang yang ada di gudang atau toko secara fisik dan mencocokkannya dengan catatan inventory maupun yang ada di sistem.
Keterangan
- Nomor SOP: GA-SOP-011.30.01.2025
- Diresmikan: 30 Januari 2025
- Pembaruan: –
- Tim Penyusun:
- Gamelli Alfius – Staf Keuangan
- Tinjauan dan Validasi:
- Achmad Luqman Chakim – Kepala Departemen General Affair
- Halimatus Safitri – Kepala Bidang Tata Usaha